Hedging



HEDGING (LINDUNG NILAI)

Lindung nilai (hedge) diartikan sebagai suatu investasi yang dilakukan khususnya untuk mengurangi atau meniadakan risiko pada suatu investasi lain. Lindung nilai adalah suatu strategi yang diciptakan untuk mengurangi timbulnya risiko bisnis yang tidak terduga, disamping tetap dimungkinkannya memperoleh keuntungan dari invetasi tersebut.

Lindung nilai adalah Suatu aktivitas (upaya) untuk melindungi nilai aset dan komoditas yang diperdagangkan terhadap risiko perubahan harga yang merugikan para stakeholders.

JENIS HEDGING

Menurut IAS 39, terbagi menjadi:
  1. Hedging Nilai Wajar, yaitu :
Suatu derivatif yang digunakan untuk membendung atau meng-offset exposure terhadap perubahan nilai wajar aktiva atau kewajiban yang diakui atau komitment perusahaan yang belum diakui. Dalam posisi hedging yang sempurna keuntungan atau kerugian atas nilai wajar derivatif dan aktiva atau kewajiban yang di hedging harus sama dan saling meng-offset.
            Suatu jenis yang umum dari hedging nilai wajar adalah penggunaan Swap suku bunga untuk membendung risiko bahwa perubahan suku bunga akan berdampak buruk terhadap nilai wajar kewajiban utang. Swap adalah transaksi diantara dua pihak dimana pihak pertama berjanji untuk melakukan pembayaran kepada pihak kedua dan sebaliknya.

  1. Hedging Arus Kas
Digunakan untuk membendung exposure terhadap risiko arus kas yang merupakan exposure terhadap variabilitas arus kas. Di sini akuntansi khusus diperbolehkan hedging arus kas. Pada umumnya derivative diukur dan dilaporkan pada nilai wajarnya di neraca, dan keuntungna dan kerugian dilaporkan secara langsung dalam laba bersih. Akan tetapi, derivative yang digunakan dalam hedging arus kas diperhitungkan sebesar nilai wajarnya di neraca, meslkipun keuntungan atau kerugian dicatat  dalam ekuitas sebagai bagian dari laba komprehensif lainnya. 

  1. Lindung investasi netto dalam operasi luar negeri (valas)
            Suatu entitaas dapat melakukan lindung nilai atas risiko valuta asing, seperti:
1.  Lindung nilai atas nilai wajar dari suatu komitmen yang belum diakui atau dari surat berharga yang tersedia untuk dijual.
2.      Lindung nilai arus kas dari transaksi dalam valuta asing yang diperkirakan akan terjadi.
3.      Lindung nilai atas nilai investasi bersih dalam kegiatan usaha di luar negeri.
0 Komentar untuk "Hedging"

 
Copyright © 2014 EXPLORE ALL SIDE - All Rights Reserved
Template By Catatan Info