Candi Banyunibo



Candi
Candi Banyunibo, Candi Utama

Candi Banyunibo

Siapa yang mengira jika di tengah swah terdapat bangunan candi. Yak, ini adalah Candi Banyunibo. Kok Banyunibo?? Dalam bahasa jawa berarti air yang jatuh atau air yang menetes. Candi ini tidak jauh dari komplek Candi Ratu Boko, Candi Ijo, dan Candi Barong. Jika dari Candi Prambanan, hanya perlu menempuh jarak sekitar 5,6km ke arah selatan menuju Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Kec. Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Candi Banyunibo merupakan candi budha, karena terdapat stupa dibagian atas candi. Candi ini memiliki banyak ornamen, bahkan hampir di setiap bagian candi dihias oleh relief-relief. Misal hiasan di kaki candi, masing-masing dibagi menjadi beberapa bagian yang berisi relief tumbuh-tumbuhan yang keluar dari pot bunga.

Yang membuat candi ini menarik adalah candi utamanya terletak diantara ladang tebu dan persawahan. Selain itu candi ini juga memiliki rumput yang hijau dan pepohonan rindang disekitarnya. Bahkan selain pepohonan, juga terdapat puing-puing lain yang diperkirakan sebagai candi pendamping berupa stupa dan terbuat dari batu putih, batu putih ini mudah sekali aus jika dibandingkan dengan batu andesit.
0 Komentar untuk "Candi Banyunibo"

 
Copyright © 2014 EXPLORE ALL SIDE - All Rights Reserved
Template By Catatan Info