Candi Sambisari

Candi Sambisari Yogyakarta
Candi Sambisari

Candi Sambisari

Candi Sambisari, candi mungil ini ditemukan oleh seorang petani di sekitar tahun 1966 yang kemudian dipugar oleh Dinas Purbakala di tahun 1986. Yang kemudian diberi nama Candi Sambisari sesuai dengan lokasi penemuannya, yaitu di Desa Sambisari.

Candi Sambisari dapat ditempuh dengan menggunakan bus jurusan Yogya-Solo ataupun dengan kendaraan pribadi. Karena letaknya hanya 12km ke arah timur Kota Yogyakarta dan berada di sisi utara jalan utama antara Kota Yogyakarta dan Solo.Setelah menemukan papan petunjuk jalan di sisi utara jalan utama, jarak yang masih harus ditempuh hanya sekitar 2km  masuk ke arah utara.

Yang masih terhitung satu komplek dengan Candi Sambisari adalah Candi Prambanan, hanya terlekat sekitar 4 km ke arah timur dari Candi Sambisari. Dimana candi Prambanan ini dibangun pada abad-9 masa pemerintahan raja Rakai Garung di jaman Mataram Kuno.

Candi Sambisari ini tergolong unik, karena dikelilingi oleh pagar batu dengan ukuran 50m x 48m. Pada bagian luar bangunan utama terdapat beberapa relung, di sisi utara terdapat patung Durga Mahisasuramardini, sisi barat terdapat 2 patung penjaga pintu Mahakala dan Nandiswara, sisi selatan patung Agastya, dan timur patung Ganesha.

Candi ini dikelilingi juga dengan rerumputan hijau dan pepohonan disekitarnya. Sejuk dan nyaman. Tertarik untuk berkunjung?
0 Komentar untuk "Candi Sambisari"

 
Copyright © 2014 EXPLORE ALL SIDE - All Rights Reserved
Template By Catatan Info