RUTE MENUJU LUWENG SAMPANG





Rute Menuju Luweng Sampang
Luweng Sampang
Luweng Sampang, atau Green Canyon ini terletak di dekat perbatasan Yogyakarta. Atau terletak diantara Desa Jogoprayan Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah dengan Desa Sampang Kecamatan Gedangsari Gunungkidul.

Melalui Gunung Kidul, naik melalui kawasan Hargo Dumilah, sampai Perematan Polsek Patuk, belok kiri, melewati rute menuju Gunung Api Purba Nglanggeran. Namun, saat sampai perempatan besar, dimana arah ke Gunung Nglanggeran belok ke kanan, maka untuk menuju Desa Sampang anda cukup lurus dan ikuti jalan utama.

Sejarahnya, pada grojogan paling tinggi ditempat itu yang tingginya sekitar 5 meter digunakan sebagai tempat pertapaan oleh sunan kalijogo yang merupakan salah satu dari wali songo dan murid dari Sunan Bonang. Nama ‘Luweng Sampang’ diambil dari istilah ‘Luweng’ yang berarti lubang, dan ‘Sampang’ yang menjadi nama Desa setempat, yaitu Desa Sampang.

Bebatuan karst di sekitarnya seperti batuan purba yang sudah lama sehingga teksturnya terbentuk karena tergerus air yang selalu mengalirinya. Bebatuan ini yang juga menjadi daya tarik dari Luweng Sampang. Selain itu juga grojogan alias air terjun kecil yang ada di sekitarnya juga ikut menambah eksotisme dari tempat ini.

Rute Menuju Luweng Sampang
Green Canyon Jogja

0 Komentar untuk "RUTE MENUJU LUWENG SAMPANG"

 
Copyright © 2014 EXPLORE ALL SIDE - All Rights Reserved
Template By Catatan Info